PENGARUH KOGNITIF SISWA TERHADAP ANTUSIAS BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN KEBONSARI TAHUN AJARAN 2022/2023

  • : Robihatul Rohimah IAIN Ponorogo
  • : Dwi Ulfa IAIN Ponorogo

Abstract

Antusias belajar siswa dipengaruhi beberapa faktor baik dari dalam kelas maupun luar kelas. Seperti metode pembelajaran, lingkungan dan potensi siswa sendiri. Observasi lapangan menunjukan adanya siswa yang memiliki perilaku menyimpang seperti tidak kondusif, hilangnya konsentrasi belajar. Perilaku ini didominasi siswa dengan peringkat akademik menengah ke bawah berkorelasi dengan rendahnya tingkat kognitif mereka. Sehingga penelitian ini mengacu pada faktor yang mempengaruhi antusias belajar siswa yaitu kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati kognitif siswa, antusias belajar siswa, dan pengaruh kognitif siswa terhadap antusias belajar siswa di MI Se-Kecamatan Kebonsari. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex post facto. Selanjutnya dianalisis dengan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan setiap variabelnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kognitif siswa di MI se-kecamatan Kebonsari tergolong dalam tingkat sedang dengan frekuensi sebesar 65 dari 100 responden, (2) antusias belajar siswa di Mi se-Kecamatan Kebonsari tergolong dalam tingkat sedang dengan frekuensi sebesar 69 dari 100 responden, (3) ada pengaruh yang signifikan antara kognitif siswa terhadap antusias belajar siswa di MI se-Kecamatan Kebonsari, dengan nilai regresi signifikasi sebesar 0,004 < 0,05. Semakin tinggi tingkat kognitif siswa maka semakin tinggi juga tingkat antusias belajar siswa di sekolah begitupun sebaliknya.

Keywords: Kognitif, antusias belajar
Published
2024-06-26
How to Cite
Rohimah, R., & Nurdahlia, D. U. (2024). PENGARUH KOGNITIF SISWA TERHADAP ANTUSIAS BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN KEBONSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Lubna : Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 65-83. Retrieved from https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/lubna/article/view/293