PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

  • : Laila
  • : Noor Fitriah STAI Darul Ulum Kandangan

Abstract

Strategi pembelajaran sangat penting khususnya pada proses pembelajaran yang akan mempengaruhi peningkatan proses belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi reading guide. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh strategi reading guide terhadap kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa tes,  observasi, dokomentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi MIN dan sampel nya kelas IIIA dan IIIB.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Strategi Reading Guide terhadap kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MIN. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t test memperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang dimana HO tidak terdapat pengaruh sigifikan dan Ha terdapat pengaruh yang sigifikan. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r untuk mengetahui korelasi antara variabel bebas strategi reading guide (X) terhadap variabel terikat kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan (Y) dengan korelasi didapat nilai R sebesar 0.695, jikaa dilihat dari tingkat korelasi dan kekuatan hubungan nilai R tergolong kuat.

Keywords : Strategy, Reading Guide, Understanding Reading Content, Indonesian

Keywords: PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH
Published
2024-04-30
How to Cite
Laila, & Noor Fitriah. (2024). PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH . Lubna : Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 44-53. Retrieved from https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/lubna/article/view/272