PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

  • : Khairuna Afwa STAI Darul Ulum Kandangan
  • : Nurul Fauziah STAI Darul Ulum Kandangan
  • : Rahmawati STAI Darul Ulum Kandangan

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran yaitu guru menggunakan metode yang konvensional tidak ada metode atau media yang bervariasi. Oleh karena itu, menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang berminat dalam proses pembelajaran berlangsung. Salah satunya menggunakan media video pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pembelajaran IPA di MIN 16 HSS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode Quasi Eksperimen Desaign. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas I-VI yang berjumlah 245 orang dan sampel  kelas IV yang berjumlah 40 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikan antara media video pembelajaran terhadap minat belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji regresi  >  yaitu 0,949 > 0,444 dengan kategori sangat kuat dan uji, >  yaitu 90,95  > 2,09 dengan taraf signifikansi 5% dengan demikian Ho ditolak Ha diterima,  dalam hal ini rata-rata minat belajarsiswa yang ditentukan oleh pengaruh penggunaan media video tersebut 94,9% dengan kategori sangat kuat.

Keywords: Media Video Pembelajar Minat Belajar Siswa, IPA
Published
2024-04-30
How to Cite
Khairuna Afwa, Nurul Fauziah, & Rahmawati. (2024). PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Lubna : Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 54-64. Retrieved from https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/lubna/article/view/269